Menu Lawskripsi

Terdapat 73 Tamu online

Chat dgn Lawskripsi

ANALISIS KRIMINOLOGI TERHADAP KETERLIBATAN WANITA DALAM PEREDARAN GELAP NARKOTIKA

ABSTRAK

Penelitian ini berupa membahas tentang keterlibatan wanita dalam peredaran narkoba. Hal ini disebabkan dewasa ini perkembangan peredaran narkoba semakin menunjukkan variasinya dimana dalam kegiatan yang bertentangan dengan hukum tersebut wanita dilibatkan. Sebagai landasan pembahasan akan dilakukan penelitian secara kepustakaan

Pembahasan yang akan dilakukan adalah tentang Bagaimana bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam peredaran narkotika, bagaimana upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi keterlibatan wanita dalam peredaran narkotika dan bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan wanita terlibat dalam peredaran narkoba ditinjau dari segi kriminologi.

Setelah dilakukan pembahasan maka diberikan kesimpulan bahwa : Bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam peredaran narkotika pada dasarnya adalah sebagai kurir narkotika. Bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam narkotika tersebut disebabkan posisi tawar perempuan yang sangat rendah terhadap laki-laki (pacar atau suami, dan komplotannya). Karena ancaman kekerasan, perempuan tidak kuasa menolak permintaan suami atau pacar. Atau, karena perempuan itu membutuhkan uang, atau sudah dipenuhi segala kebutuhan materinya, dengan kata lain dibuat menjadi tergantung, maka perempuan tidak mampu menolak permintaan laki-laki. Faktor-faktor yang menyebabkan wanita terlibat dalam peredaran narkoba ditinjau dari segi kriminologi adalah: Faktor ekonomi, dimana wanita menjadikan kegiatan pengedaran narkoba sebagai mata pencarian yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan keluarganya, Status wanita yang merupakan isteri atau pacar dari seorang bandar narkoba, sehingga mau tidak mau ia dilibatkan dalam kegiatan lawan gendernya, Kurangnya respek kepolisian atau alat negara dalam melakukan pengawasan dan menemukan indikasi pengedaran narkoba melalui seorang wanita. Upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi keterlibatan wanita dalam peredaran narkoba adalah: Memberikan sosialisasi kepada wanita tentang bahaya yang dapat dicapai dalam penggunaan narkotika, Memberdayakan wanita dalam kegiatan-kegatan positif dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi wanita dan melakukan penegakan hukum secara konsisten dengan penerapan hukuman maksimal kepada pelaku pengedaran narkoba.

 

PERTANYAAN

1.      Bagaimana bentuk-bentuk keterlibatan wanita dalam peredaran narkotika?

2.      Bagaimana upaya-upaya yang perlu dilakukan untuk mencegah atau menanggulangi keterlibatan wanita dalam peredaran narkotika?

3.      Bagaimana faktor-faktor yang menyebabkan wanita terlibat dalam peredaran narkoba ditinjau dari segi kriminologi ?